Keuntungan Logam Avalan

logam avalan

Usaha logam avalan juga dikenal sebagai “bisnis scrap”. Scrap berasal dari bahasa Inggris yang artinya ‘rongsokan’ atau ‘barang bekas’. Di balik logam avalan nan usang ternyata mampu memberikan peluang usaha yang besar, terutama logam rongsok impor yang berasal dari negara-negara Eropa Timur, Canada, dan Australia karena di sana harganya lebih murah dibandingkan di Indonesia.

Alur dari bisnis ini biasanya berawal dari mengumpulkanlogam avalan dari rumah tangga (Anda dapat membelinya dengan harga murah). Kemudian menjualnya ke pengepul, barulah pengepul akan menyetorkan ke pabrik pelebur logam dan besi. Namun jika Anda memiliki modal yang cukup besar, Anda dapat membeli/menyewa tanah sebagai tempat usaha. Di tempat itulah Anda mengumpulkan logam avalan atau logam rongsok dari berbagai pabrik dan rumah tangga, kemudian menjualnya kembali pada pabrik peleburan logam yang telah memiliki kontrak dengan Anda.

Kisaran hargalogam avalan sangat bervariasi setiap kilogramnya. Akan sangat menguntungkan jika Anda memilki modal yang cukup besar sehingga dapat impor besi tua dari luar negeri dengan harga yang lebih murah kemudian menjualnya kembali dengan harga lebih tinggi pada suppplier pabrik yang membutuhkan.

Untuk terjun ke dalam bisnis logam avalan atau logam rongsok impor, Anda harus menyiapkan dokumen izin impor scrap, ijin B3, dan membuka L/C (Letter of Credit). Prosesnya memang terlihat cukup panjang, namun proses panjang ini akan sebanding dengan keuntungan yang Anda peroleh dalam jangka panjang. Untung besar memang membutuhkan usaha yang besar pula, bukan?

Di negara kita ini masih belum banyak yang menggunakan teknik bisnis impor scrap, karena menganggap prosesnya yang terlalu rumit. Mereka masih banyak yang menggunakan cara lama. yaitu dengan mencari pasokan dalam negeri, atau menunggu port of discharge (pelabuhan di Indonesia) dengan sistem timbang-bayar di tempat.

Para pebisnis logam avalan atau logam rongsok impor yang sudah membuat L/C dan dikatakan cukup sukses serta berkeuntungan besar belum ada yang mencatatkan sahamnya di bursa efek. Padahal di negara-negara Eropa Timur, Amerika, dan Australia, mayoritas perusahaan yang bergerak di bisnis logam avalan atau logam rongsok telah terdaftar di bursa efek negaranya masing-masing, Bisnis yang mungkin terdengar sepele ini sebenarnya memiliki untung dan perputaran uang yang sangat besar, jadi sayang sekali jika Anda sama sekali tidak tertarik untuk melirik bisnis ini.

Share:

Leave a Reply

© 2017 UD. 168Logam - Dev. by Echo Web Service